Saluran ASI tersumbat

Rate this post

 

Pada umumnya saluran ASI tersumbat jika saluran susu tidak mengalami penggosongan dengan baik, ASI yang kurang atau malah terlalu berlimpah jumlahnya yang akhirnya mungkin mengarah pada membengkaknya payudara merupakan sebagian kecil dari masalah yang kemungkinan besar sering dialami oleh para ibu menyusui. Apabila terjadinya penyumbatan pada payudara yang tidak ditangani dengan segera akan mengakibatkan radang payudara atau mastitis.

Karena sang anak yang diberikan kepada kita adalah anugrah yang terindah yang akan membawa keceriaan dalam keluarga, maka dari itu segala sesuatu dalam bentuk apapun akan diberikan kepada anak kita meskipun melalui berbagai proses.

Saluran ASI tersumbat ketika di dalam payudara ASI tersebut tidak dikeluarkan seluruhnya dari seorang ibu, penyebabnya juga bisa terjadi karena bra menyusui yang tidak sesuai ukurannya, jadwal menyusui yang tidak tepat atau terlewatkan dan tidak rutinnya menyusui, sang ibu sedang mengalami suatu penyakit seperti flu, melakukan poma pada ASI kurang bagus, dan penyebab lainnya juga bisa seperti mengalami strees.

Cara mengatasi saluran ASI tersumbat :

  • Dengan Anda mengompres payudara dengan air hangat, dapat mengatasi sakit pada payudara karena tersumbatnya saluran air ASI. Dengan cara melakukan handuk yang sudah dicelupkan kedalam air panas lalu kompres payudara tersebu dengan handuk.
  • Perbanyak konsumsi air putih bagi ibu yang sedang menyusui karena mengkonsumsi air putih dapat membantu produksi ASI yang cukup akan tetapi tidak hanya itu. Minum air putih dapat mengobati masalah tersumbatnya air susu, karena didalam kandungan zat air dapat menormalkan viskositas ASI sehingga dapat mengurangi terjadinya penyumbatan.
  • Melakukan pemijatan lembut pada area sekitar payudara dimana yang merupakan penggumpalan ASI terjadi, namun pijatan yang dilakukan harus secara perlahan dan menuju arah puting. Saat menyusui bayi gumpalan ini dapat bisa dirasakan.
  • Dengan menggunakan alat pemompa ASI penyumbatan bisa diatasi agar air susu yang tersisa setelah menyusui dikeluarkan dengan mudah dan tidak akan terjadinya penggumpalan pada payudara. ASI pun tidak akan tersumbat lagi.
  • Menyusui secara teratur ada baiknya memiliki jadwal teratur, juga harus sesering mungkin menyusui buah hati dan menganggap menyusui adalah kegiatan rutin harian ini merupakan cara memperlancar ASI yang tersumbat.
Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping
Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *