Mengapa wanita setelah menopause payudara membesar?

Rate this post

 

Istilah Menopause menggambarkan suatu kondisi seorang wanita mengalami perubahan, baik setelah atau sebelum berhenti menstruasi dan menandai akhir masa reproduksinya. Bertambahnya usia mereka dan kondisi normal yang semua wanita akan mengalaminya itu disebut Menopause. Seorang wanita yang mengalami Menopause alamiah sama sekali tidak akan tahu apakah saat menstruasi tertentu merupakan menstruasinya yang terakhir sampai satu tahun berlalu.

Ketika masa Menopause mendekat siklus dapat terjadi dalam waktu yang tidak menentu dan bukan hal yang jika tidak mengalami menstruasi selama beberapa bulan. Beberapa perubahan hormon yang dikaitkan dengan pra menopause mulai terjadi pada usia empat puluh tahun. Penelitian telah membuktikan, pada usia empat puluh tahun banyak mengalami perubahan dalam kepadatan tulang dan pada usia empat puluh empat tahun banyak yang menstruasinya menjadi lebih banyak atau lebih lama dibanding biasanya atau juga malah lebih sedikit dan lebih singkat waktunya.

Lalu, apa penyebab Menopause?

Seorang wanita dilahirkan dengan jumlah sel telur yang terbatas dan disimpan dalam ovarium. Yang mengontrol menstruasi dan ovulasi, indung telur juga membuat hormon progesteron dan estrogen. Ketika ovarium tidak lagi melepas telur setiap bulan dan menstruasi berhenti disaat itulah Menopause terjadi.

Ketika usia telah mencapai 40 Menopause payudara membesar dianggap sebagai bagian normal dari penuaan. Tetapi ada beberapa wanita yang mengalami Menopause dini, baik sebagai dari operasi, seperti histerektomi, atau kerusakan pada indung telur, dari kemoterapi. Menopause dini adalah yang terjadi sebelum usia 40 tahun terlepas dari penyebabnya.

Sesudah Menopause payudara membesar ?

Menurut penelitian, faktor umumnya yang dapat memicu adalah berat badan, karena mayoritas lemak merupakan komposisi terbesar dari jaringan payudara. Sejumlah wanita mengaku mengalami payudara membesar setelah Menopause. Adanya penurunan kadar hormon estrogen yang terjadi saat wanita menopause memang membawa perubahan fisik atau emosional dan pembesaran payudara.

Faktor lain adalah faktor hormoal, kadar estrogen seorang wanita cenderung berfluktuasi saat diatas usia 40 tahun. Terkadang terjadinya naik tak terkendali, tetapi dilain waktu turun secara drastis. Menurut teori, yang dapat kelenjar produksi susu menciut adanya penurunan estrogen dan akan menyebabkan payudara mengecil. Ini merupakan reaksi alami yang menunjukan waktu memiliki bayi sudah berakhir. Maka tak heran jika wanita mengalami payudara yang ukurannya mengecil dan tidak lagi kencang.

Di dalam tubuh kadar estrogen diimbangi dengan hormon progesteron. Hormon tersebut bisa turun 120 kali lebih cepat dibandingkan dengan hormon estrogen. Karena progesteron cepat menurun wanita bisa mengalami dominasi estrogen dan terjadinya payudara membesar dan penuh, bahkan setelah kadar estrogen menurun. Dominasi estrogen bisa menjadi magnet bagi lemak karena hormon ini akan mengunci di area utama, yaitu payudara dan perut. Dalam kehidupan wanita estrogen dan lemak bekerja erat. Akibatnya sel lemak akan meluas dan memproduksi estrogen sendiri karena kesediaan tubuh untuk menampungnya mulai berkurang.

Pembesaran sel lemak membuat kita rentan akan alami kenaikan berat badan, estrogen yang dihasilkan jaringan lemak ini justru membuat tubuh lebih gampang menyimpan lemak, termasuk di bagian payudara. Sebagian besar wanita tak begitu menyukai payudara membesar tersebut karena banyak wanita mengeluh karna pakaian menjadi sempit dan ukuran cup bra pun mengecil, juga aktifitas fisiknya akan terganggu karena tidak nyaman.

Saat setelah Menopause payudara membesar, jika Anda ingin mengecilkannya, salah satunya Anda lakukan untuk mengurangi berat badan dan mengatur pola makan yang lebih sehat dan meningkatkan aktifitas fisik seperti olahraga. Dengan adanya Anda mengatur pola makan yang sehat bisa mengembalikan keseimbangan hormon dan membantu metabolisme kelebihan estrogen pada tubuh Anda.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping
Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *