Manfaat tanaman daruju bagi kesehatan

Rate this post

Manfaat tanaman daruju – Daruju mungkin terdengar asing di telinga kita, tetapi sangat terkenal di dunia pengobatan herbal. Tanaman semak ini punya kontribusi yang tidak bisa dibilang sedikit, di dunia kesehatan. Warna daun dan bunganya sangat menarik, ungu agak kebiruan. Di balik semua itu, akar daruju ternyata efektif sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Manfaat tanaman daruju memiliki nama ilmiah yaitu Acanthus ilicifolius Linn. Kalau anda ingin mengetahui rasanya mungkin sebagian dari anda tidak akan menyukainya karena memang tumbuhan ini memiliki rasa yang pahit dan dingin. Namun dengan rasanya yang pahit tersebut tumbuhan ini memiliki kandungan seperti flavone dan asam amino. Selain itu juga di balik rasanya yang pahit terdapat manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengolah tanaman ini dari mulai akar, daun dan bijinya seperti pereda batuk, anti-neoplastik dan anti imflamasi.

Ciri – cirinya memiliki tangkai daunnya berukuran pendek, dengan daun yang memanjang dan ujungnya mempunyai duri tempel. Warna bunganya antara ungu dan biru, tersimpan dalam bulir yang tumbuh di ujung batang. Warna buah daruju adalah coklat gelap, dengan biji berbentuk seperti ginjal dan warnanya hitam.

Anda mungkin tidak bisa menanam tanaman daruju di sekitar rumah karena habitat dari tanaman ini yaitu di daerah yang lembab seperti pinggir sungai atau rawa. Mengapa daun ini dipilih sebagai bahan obat herbal? Hal ini difaktori oleh beberapa kandungan daun daruju yang sangat berkhasiat untuk tubuh Anda, seperti saponin, polifenol, flavonoid, alkaloid, dan juga asam amino. Semua senyawa tersebut mempunyai manfaat dan khasiat masing-masing untuk Anda.

Manfaat tanaman daruju :

  • Meredakan batuk

Khasiat daruju untuk meredakan batuk terutama pada gejala batuk yang berdahak. Daun ini bermanfaat sebagai pencahar dahak yang menempel di tenggorokan Anda sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah. Caranya :

Cuci bersih 4 g biji daruju segar, tumbuk sampai halus, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  • Anti kanker

Khasiat daruju yang pertama yaitu sebagai daun yang berkhasiat dalam mengatasi kanker. Daun ini anti kanker alami yang akan membantu sel tubuh Anda untuk sembuh dari kerusakan serta mencegah munculnya sel kanker. Caranya :

Rebus 120gr akar daruju beserta 120gr daging sapi tanpa lemak dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Minum 2x sehari secara rutin sampai sembuh.

  • Obat cacingan

Penyakit cacingan adalah munculnya cacing ketika Anda buang air besar. Itu berarti, ada beberapa cacing penyakit yang berada di dalam saluran pencernaan Anda. Membunuh semua cacing tersebut mudah dengan menggunakan daun daruju saja. Caranya :

Cuci bersih 8 butir biji daruju, tumbuk sampai halus, lalu seduh dengan 1 cangkir air panas. Minum selagi hangat 2 kali sehari masing-masing ½ cangkir. Lakukan secara rutin selama 3 hari.

  • Obat gondok

Khasiat daruju untuk mengatasi penyakit yaitu mengatasi penyakit gondok. Kandungan alami yang ada di dalam daun ini dapat meredakan penyakit gondok. Anda bisa memanfaatkannya sebagai obat herbal yang alami.

  • Mengatasi penyakit kulit

Khasiat daruju sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk dalam mengatasi berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi maupun jamur. Anda dapat menggunakan daun daruju ini sebagai obat luar pada kulit.

  • Obat luka dari gigitan ular

Beberapa jenis ular memiliki racun yang bisa membahayakan tubuh jika ular tersebut menggigit Anda. Anda jika belum terlambat dapat segera menggunakan khasiat daun daruju untuk mencegah efek dari racun tersebut. Caranya :

Ambil akar lampes yang telah kering, kunyah hingga lembut. Terapkan pada luka, kemudian balut menggunakan kain kasa. Lakukan 3 kali dalam sehari.

  • Menyembuhkan bisul

Fungsi obat luar dari daun daruju tidak hanya mengatasi penyakit kulit, tetapi juga dapat mengatasi bengkak pada kulit seperti bisul. Kandungan zat alami dalam daun ini ampuh untuk meredakan bisul dan membantu mempercepat penuaannya. Caranya :

Siapkan 4 biji daruju, tumbuk atau giling hingga terbentuk serbuk halus. Seduh bersama secangkir air hangat, minum airnya.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *