Manfaat singkong untuk payudara dan kesehatan

Rate this post
Manfaat singkong untuk payudara dan kesehatan

Manfaat singkong ( Manihot esculenta ) merupakan tanaman dari keluarga Euphorbiaceae merupakan tanaman asli Brazil dan Paraguay, merupakan makanan pokok yang ada di Indonesia dan Thailand, serta beberapa bagian di Afrika. Akarnya berfungsi sebagai sumber yang pati yang sangat baik. Singkong menyediakan banyak energi yang sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar, sebagai gaya hidup yang aktif.

Kebanyakan masyarakat Indonesia tentunya sangat mengenal singkong, apalagi untuk yang tinggal di pedesaan, akan sering menemui singkong ini beserta pohon atau tanamannya. Singkong adalah sebuah makanan yang masuk kategori umbi – umbian. Dimana singkong sering juga disebut umbi kayu.

Manfaat Singkong merupakan tanaman yang tumbuh di daerah yang hangat dan lembab dengan berbagai suhu negara tropis yang terletak antara 15 derajat lintang Utara dan 15 derajat lintang Selatan. Dataran rendah tropis di bawah ketinggian 150 m di mana suhu rata – rata 25°C dan 29°C sangat cocok untuk budidaya singkong. Beberapa varietas juga dapat tumbuh pada ketinggian sampai dengan 1500 m.

Manfaat Singkong bisa diolah menjadi berbagai bentuk jenis makanan, seperti yang mungkin sering Kamu dengar yaitu tape dari singkong, perkedel singkong, kolak singkong, gethuk, keripik samiler, keripik singkong dan banyak lainnya. Singkong memiliki kandungan zat pati yang 2 kali lebih banyak dari kentang, sehingga tidak jarang ditemui singkong dikonsumsi sebagai makanan pokok untuk penganti nasi.

Manfaat Singkong merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat mulai dari akar ( yang disebut umbi ), daun dan batangnya. Maka tidak heran jika singkong mudah ditemukan, banyak dan gampang untuk dibudidayakan. Singkong akan tumbuh dengan baik di daerah yang banyak sinar mataharinya, tanah yang subur, serta tanah liat yang berpasir.

Tetapi, singkong bisa tumbuh asalkan tanahnya memiliki tekstur yang gembur untuk memudahkan umbi tumbuh. Ada beberapa jenis singkong yang dapat dibudidayakan akan tetapi hanya dua jenis saja yang umum, diantaranya pahit dan juga manis.

Baca Juga :

Manfaat singkong yang lainnya :
  • Mencegah Kanker

Umbi satu ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas bisa menyebabkan penyakit kanker, sedangkan antioksidan dikenal mampu membantu tubuh melindungi sel – sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan bisa memperbaiki DNA yang rusak.

  • Mencegah Anemia

Mineral besi yang dikandung oleh singkong dapat membantu tubuh untuk membentuk dua protein penting, hemoglobin ( molekul protein dalam sel darah merah ) dan mioglobin ( protein yang ditemukan dalam jantung dan otot ) yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Mengkonsumsi daun singkong atau akar singkong dapat membantu mencegah tubuh dari kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia dan membantu proses pembaruan sel – sel darah merah.

  • Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Manfaat singkong sangat banyak, bahkan mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini karena kandungan kalsium yang terkandung didalamnya diperlukan untuk menjaga gigi dan tulang yang kuat. Vitamin K yang terdapat pada daunnya dapat membantu dalam membangun susunan tulang dan dapat mencegah berkurangnya kalsium.

  • Kolesterol Darah

Hasil riset menunjukkan jika singkong mempunyai efek yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol total. Singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida, dikarenakan kandungan seratnya yang sangat tinggi.

  • Mengatur Denyut Jantung dan Tekanan darah

Manfaat singkong lainnya adalah mampu mengatur denyut jantung serta tekanan darah. Kandungan Zat kalium didalamnya berperan sangat penting sebagai komponen untuk membantu mengatur denyut jantung dan juga tekanan darah. Hasil riset menunjukkan jika kalium dikonsumsi oleh orang yang memiliki tekanan darah tinggi akan membantu menurunkan tekanan darah sistolik.

  • Melindungi dan Memperbaiki Jaringan Tubuh

Singkong mengandung protein yang sangat tinggi, jika protein memiliki peran yang sangat penting untuk memperbaiki dan melindungi jaringan tubuh. Selain itu daunnya mengandung berbagai jenis protein, seperti valin, leusin, lisin, isoleusin, dan arginin yang jarang ditemukan pada tumbuhan berdaun hijau. Umbi satu ini mengandung asam amino yang dapat dibandingkan dengan kedelai dan juga telur yang memiliki sumber protein.

  • Mencerdaskan otak

Pada beberapa penelitian yang sudah dilakukan, menyebutkan bahwa di dalam daun singkong terdapat kandungan asam amino yang diperlukan. Asam amino bermanfaat untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit, memperkuat tulang, dan menjaga kemampuan daya ingat.

  • Mencegah Alzheimer

Vitamin K yang ditemukan pada daun singkong muda juga telah terbukti berperan dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak. Asupan jumlah Vitamin K juga dapat melindungi otak dari kehilangan fungsi sel.

  • Sumber Energi Bagi Tubuh

Hal ini membuat singkong sebagai sumber energi yang sangat baik bagi tubuh yang mengalami aktivitas fisik berat. Karbohidrat pada singkong akan menjadi glukosa yang bertindak sebagai sumber energi bagi sel tubuh.

Kemudian, glukosa akan disimpan dan mengkonversi menjadi glikogen dalam otot sebagai reservasi energi. Daun singkong juga mengandung karbohidrat yang jumlahnya sama dengan karbohidrat pada kacang dan kacang kedelai.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *