Manfaat rumput mutiara untuk kesehatan

Rate this post

 

Manfaat Rumput mutiara adalah tanaman perdu yang tumbuh liar di berbagai tempat. Rumput yang satu ini termasuk tanaman obat seperti rumput teki yang tumbuh liar atau dalam latinnya juga disebut Hedyostis Corymvosa Famili Rubiaceae.

Rumput mutiara sudah banyak dimanfaatkan untuk salah satu tanaman obat berkhasiat yang sudah dari sejak lama di berbagai Negara seperti Cina, India, dan Wilayah Asia Tenggara untuk dapat mengobati beragam penyakit yang akut maupun yang sudah kronis.

Pertama, ciri – ciri mulai dari bawah tanaman yaitu akar rumput mutiara atau tanaman herbal ini merupakan tunggang dengan garis tengah rata – rata 1 mm dengan akar cabang berbentuk benang. Rumput ini memiliki batang yang berbentuk segi empat, gundul atau dengan sisik sangat pendek, bercabang, dengan tebal sekitar 1 mm dan berwarna hijau kecoklatan sampai hijau keabu – abuan.

Untuk bagian daunnya relatif kecil dan dengan panjang daun 2 – 5 cm, ujungnya berbentuk runcing, berwarna hijau pucat, dengan sisik kecilsepanjang tepi daunnya dengan tangkai daun memiliki jarak yang sangat pendek dan memiliki rambut pendek pada ujungnya.

Meskipun sering dianggap sebagai gulma penganggu, ternyata seluruh bagian rumput pada tumbuhan mutiara dapat dimanfaatkan sebagai obat. Rumput mutiara mengandung zat stigmasterol, sitesterol, Hentriacontane, stigmasterol, asam ursolat, asam uleanolat, Beta-sitosterol, asam p-kumarat, irinoid ( antara lain asperulosid, skandosidmetilester, benzoilskandometileester ), tanin dan glikosida flavonoid.

Penelitian yang dilakukan dapat menghambat sel kanker lainnya, seperti kanker serviks, kanker hati, kanker limphosarcoma, kanker lambung, kanker payudara, kanker rectum, dan kanker nasofaring.

Komponen utama dalam Hedyotis corymbosa yang memiliki efek antineoplastik adalah asam triterpene yaitu asam oleanolat dan asam ursolat.  Asam ursolat dan asam uleanolat yang terkandung pada rumput mutiara dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas.

Kedua komponen tersebut dapat menghambat pertumbuhan tumor yang sudah ditransplantasikan subkutan dan sel hepatoma secara in vitro dan in vivo. Telah dilaporkan bahwa asam ursolat menghabisi pertumbuhan sel tumor dan menginduksi apoptosis. Sedangkan asam oleanolat memiliki efek sitotoksik melawan sel Hep G2 pada hepar manusia.

Manfaat Rumput mutiara mengandung dua senyawa aktif yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah asam ursolat dan asam uleonat yang sudah banyak terbukti ampuh untuk mencegah pembelahan dan juga perkembangan sel kanker maupun tumor menjadi penyakit yang lebih ganas lagi. Kista ovarium sendiri termasuk dalam jenis tumor sehingga bisa dicegah dan diobati dengan menggunakan tanaman obat rumput mutiara.

Bahan membuat obat :

  • 30 gram rumput mutiara
  • 5 gram daging buah mahkota dewa

Cara Membuat obat tradisional :

  • Cuci bersih semua bahan yang telah disiapkan.
  • Rebus semua bahan dengan 600 cc air atau 3 gelas air
  • Rebus sampai mendidih dan biarkan hingga air tersisa separuhnya atau sekitar 300 cc
  • Setelah itu tuangkan, sembari saring sebelum diminum
  • Minum secara rutin dua kali dalam sehari

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *