Manfaat licorice untuk kesehatan tubuh

Rate this post

Manfaat Licorice merupakan tanaman yang memiliki cita rasa manis, namun berbeda dengan gula. Karena rasanya itu, licorice kerap dijadikan zat perasa pada makanan dan minuman, bahkan rokok. Kandungan yang terdapat pada akar tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi penyakit.

Dalam ilmu pengobatan ala China, licorice telah digunakan sejak zaman dahulu dan dianggap sebagai salah satu bahan yang dapat memberikan ketenangan. Licorice telah dikenal sebagai salah satu herbal yang sudah lama digunakan di Inggris, Rusia, Spanyol, Jerman, Perancis, Timur Tengah dan Asia.

Manfaat Licorice digunakan sebagai obat untuk panjang umur serta meningkatkan vitalistas sejak zaman kuno. Selain digunakan untuk bahan ramuan kesehatan, licorice juga sering digunakan dalam makanan.

Licorice mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan serta kaya akan flavonoid. Manfaat Licorice merupakan salah satu jenis tumbuhan yang kaya akan vitamin B1, B3, B5, dan vitamin E. licorice juga mengandung banyak mineral penting, seperti fosfor, kalsium, zat besi, kolin, magnesium, kalium, selenium, silicon serta seng. Senyawa lainnya yang juga terkandung dalam licorice, meliputi glycyrrhizin, beta-karoten, glabridin, timol, isoliquiritigenin, fenol, asam ferulat serta quercitin

Manfaat Licorice dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat obat, atau medecine plant. Licorice mengandung anethole, dianethole dan photoanethole. Senyawa ini meningkatkan hormon estrogen dan prolaktin.

Habitat Akar manis tumbuh seperti rerumputan ( semak ) di sebagian wilayah Eropa bagian selatan ( Glycyrrhiza glabra ). Spesies lainnya adalah Licorice Amerika disebut ( G.lepidopta ) yang tumbuh di Amerika Utara dan Licorice Cina ( G.uralensis ) juga banyak dipakai dalam bahan obat – obatan China.

Akar manis atau Licorice atau Liquorice adalah akar Glycyrrhiza glabra. Tanaman akar manis ini adalah tanaman bersejenis polong – polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa bagian Wilayah Asia.

Licorice sangat banyak nutrisi yang terkandung didalamnya, manfaat licorice untuk kesehatan kita :

  • Mencegah kanker

Licorice juga dapat kita gunakan untuk mencegah kanker. Akar licorice terbilang mampu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker pada manusia. Licorice mengandung flavonoid seperti isoliquiritigenin yang mampu menekan pertumbuhan sel bersifat karsinogenik. Mengkonsumsi licorice juga mampu mengurangi keracunan akibat obat-obat kemoterapi dan ikut menghambat produksi sel-sel kanker. Ekstrak licorice mampu mencegah kanker payudara, kanker kolon serta kanker prostat.

  • Mencegah dan mengobati sariawan

Licorice mampu mencegah dan mengobati sariawan berulang yang sering terjadi pada jaringan dalam mulut maupun gusi. Licorice mampu mengurangi rasa sakit serta peradangan yang terjadi ketika mengalami sariawan. Selain itu, licorice juga akan mempercepat penyembuhan sariawan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Memperbaiki hormon

Licorice mampu memperbaiki masalah hormonal, seperti mengurangi gejala menopause maupun mengurangi rasa sakit akibat dari pramenstruasi sindrom. Licorice mengandung isoflavon yang mampu menjaga keseimbangan kadar hormon dalam tubuh. Mengkonsumsi licorice bahkan mampu mengurangi hot flashes dan meningkatkan kesehatan fisik maupun psikologis pada wanita menopause.

  • Detoksifikasi alami

Licorice juga memiliki sifat sebagai obat pencahar alami. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan adanya komponen dehydroglyasperin yang terkandung dalam ekstrak licorice yang bersifat antioksidan sekaligus detoksifkasi alami. Licorice nantinya akan membersihkan usus dan sistem pencernaan serta ikut dalam membersihkan darah dari berbagai macam racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

  • Menjaga kesehatan kulit

Menggunakan ekstrak licorice secara topical mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit kulit, seperti eksim maupun psoriasis. Penggunaan untuk ekstrak licorice secara topikal dapat mengurangi peradangan maupun gatal – gatal pada kulit. Selain itu, mengoleskan ekstrak licorice pada kulit juga mampu melindungi kulit dari bahaya sinar ultra-violet dan membuat kulit menjadi semakin sehat.

  • Mencegah infeksi

Licorice juga mengandung glycyrrihizic yang sangat efektif untuk mencegah berbagai jenis infeksi karena jamur, virus maupun bakteri. Licorice memiliki sifat antivirus yang juga mampu menekan pertumbuhan virus herpes dan berbagai virus lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

  • Menjaga kesehatan mulut

Ekstrak licorice mampu mencegah serta mengobati karies gigi serta radang gusi. Licorice memiliki sifat antimikroba yang nantinya mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang berbahaya di dalam mulut. Maka dari itu, sekarang banyak sekali produk pembersih mulut seperti obat kumur maupun pasta gigi yang menggunakan ekstrak licorice.

  • Memperbaiki fungsi kognitif

Kandungan glabridin dalam licorice tidak hanya mampu memperbaiki sirkulasi darah. Kandungan glabridin yang ada pada licorice juga mampu mencegah terjadinya gangguan pada fungsi kognitif serta juga akan membantu dalam peningkatan fungsi memori pada organ otak. Dengan begini, maka kita akan terhindar dari penyakit Alzheimer. Meskipun licorice memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita, sebaiknya kita tetap menggunakannya secara hati – hati. Licorice mengandung asam glycrrhizic yang mampu menyebabkan beberapa efek samping yang tidak mengenakkan, seperti gangguan haid, edema, kelelahan kronis serta gangguan pada ginjal. Konsumsi licorice dengan secara berlebihan juga akan mampu menyebabkan hipertensi, gangguan jantung, gangguan hormonal, hypokalemia dan dehidrasi berat. Untuk mengurangi efek samping dari asam glycrrhizic, sebaiknya gunakanlah licorice yang tidak mengandung asam glycrrhizic.

Penggunaan dalam dosis besar yang melebihi sebulan pemakaian kemungkinan tidak akan aman. Efek samping yang bisa ditimbulkan dari pemakaian dalam jangka waktu tersebut seperti detak jantung tidak teratur, hipertensi, kadar kalium tubuh menjadi rendah ( hipokalemia ) sehingga membuat badan lemas, kelumpuhan, dan kerusakan otak.

Efek samping lain yang mungkin bisa terjadi juga akibat mengkonsumsi licorice antara lain adalah :

  • Sakit kepala.
  • Kelelahan.
  • Gangguan menstruasi.
  • Retensi air dan sodium.
  • Penurunan gairah seksual pada pria.

Perhatian untuk ibu hamil, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi licorice. Pengkonsumsiannya dalam dosis besar sepertinya dapat meningkatkan risiko persalinan lebih awal atau bahkan akan mengalami keguguran. Meski belum diketahui efeknya, Anda disarankan tidak mengonsumsinya ketika sedang menyusui.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *