Manfaat lada hitam bagi kanker payudara dan kesehatan

Rate this post
Manfaat lada hitam bagi kanker payudara dan kesehatan

Pada umumya, banyak orang yang jika sedang merasa tidak enak badan atau sakit pasti yang terpintas dalam pikirannya yaitu minum obat. Padahal kebiasaan tersebut tidak baik bagi kesehatan dalam jangka panjang jika terus – terusan mengkonsumsi obat – obatan kimia, jika mereka mengetahui banyak sekali bahan – bahan alami yang sering kita jumpai dapat dijadikan sebagai obat herbal yang tidak kalah ampuhnya dalam mengobati berbagai jenis penyakit.

Manfaat Lada hitam adalah jenis rempah-rempah spesial yang terkenal sejak zaman kuno. Lada adalah tanaman asli dari hutan hujan tropis dinegara India Selatan, Kerala, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Lada adalah salah satu tanaman dari keluarga Piperaceae dari genus piper, dan memiliki sebutan ilmiah Piper nigrum. Lada merupakan tanaman yang dapat merambat, yang mempunyai buah berbentuk kecil dan juga bulat. Buah lada adalah buah berbiji tunggal, dan berukuran sekitar 5 mm.

Lada hitam merupakan rempah – rempah yang kaya akan antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, dan senyawa lain, seperti peperin, lycopene, karotin, zea-xanthin, serta cryptoxanthin, yang dapat untuk membantu menghilangkan radikal bebas yang merusak. Lada hitam juga memiliki diaporetik ( mempromosikan keringat ) dan diuretik  ( mempromosikan buang air kecil ).

Tidak berbeda jauh dengan merica, ternyata lada hitam juga memiliki rasa pedas yang sangat kuat dan lebih dari rasa lada yang terdapat pada merica dan juga jenis lada lainnya. maka dari itu, jika para bunda dirumah ingin menambahkan lada hitam pada bumbu masakan anda, sebaiknya jangan terlalu banyak karena nantinya masakan anda akan menjadi terlalu pedas.

Lada termasuk ke dalam daftar tanaman yang mempunyai kandungan senyawa kimia yang sangat mengesankan, dan diketahui mempunyai banyak manfaat untuk pencegahan penyakit dan mendukung kesehatan. Lada telah lama dipergunakan sebagai bahan pengobatan, karena sifatnya yang anti inflamasi, karminatif, serta anti kembung.

Baca Juga :

Manfaat dari lada hitam :
  • Anti-kanker

Lada hitam dapat membantu mencegah kanker payudara. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan Cancer Center mengungkapkan bahwa lada hitam mengandung senyawa yang disebut piperin, yang dapat membantu mencegah perkembangan kanker payudara.

  • Mengobati pilek

Lada hitam adalah dekongestan alami yang mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi selaput lendir Anda, membuat mereka menghasilkan lebih sedikit lendir dan juga mengencerkannya. Untuk melegakan hidung tersumbat, Anda bisa menyantap semangkuk sop ayam yang sudah diberi lada hitam.

  • Mengatasi Depresi

Sebuah penelitian The Journal of Food and Chemical Toxicology melaporkan bahwa senyawa piperin yang ada pada dalam lada hitam dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan juga dapat membantu menurunkan depresi. Sehingga menambahkan lada hitam ke dalam makanan atau memanfaatkannya sebagai bumbu masakan dapat meningkatkan kognitif otak serta dapat menurunkan depresi.

  • Mengatasi Vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit kehilangan melanin sehingga pigmen kulit memudar dan muncul bercak putih dalam bentuk yang tidak teratur. Semakin lama ukurannya akan semakin membesar dan dapat mempengaruhi penampilan. Akan tetapi Anda tidak usah khawatir, karena Anda dapat memanfaatkan lada hitam untuk dapat mengatasi penyakit vitiligo.

  • Tambahan scrub

Ternyata lada hitam dapat bertindak sebagai exfoliant. Ketika lada hancur dan ditambahkan ke dalam scrub wajah dapat membantu untuk mengelupaskan kulit mati, merangsang sirkulasi dan membantu memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi pada kulit. Sifat antibakteri dan anti inflamasi akan membantu dan menjaga kulit dari infeksi seperti jerawat.

  • Meredakan gas

Manfaat Lada hitam juga sangat dikenal sebagai sifat karminatif nya ( zat yang dapat mencegah terjadinya pembentukan gas ). Lada hitam dapat meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh perut kembung dan nyeri kolik. Tambahkan merica pada makanan Anda, akan membantu meringankan perut kembung.

  • Membantu pencernaan

Manfaat Lada hitam membantu dalam pencernaan karena isi piperine dari lada hitam merangsang selera untuk sinyal dari perut agar dapat memproduksi asam klorida lebih. Asam yang sangat penting untuk dapat mencerna protein dan juga makanan lainnya yang telah berada di dalam perut. Ketika ada makan yang tidak tercerna dengan baik maka akan menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, diare, sembelit dan keasaman pada tubuh.

Asam klorida yang dapat mengalami kelebihan akan disekresikan dalam untuk membantu mencegah kondisi tesebut. Dalam membantu pencernaan, tambahkan satu sendok makan ( tergantung pada jumlah porsi makanan yang sedang dipersiapkan ) segar merica bubuk tanah untuk makan, saat memasak dan juga akan menambah cita rasa pada hidangan serta dapat menjaga perut agar tetap sehat.

  • Menurunkan berat badan

Sel – sel lemak dalam tubuh yang berhasil dipecah tentu saja dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Apabila berat badan turun dan menjadi ideal maka untuk metabolisme tubuh akan dapat semakin meningkat. Tak hanya itu saja, lada hitam juga dapat menyebabkan seseorang berkeringat dan buang air kecil akibat rasa pedas yang ditimbulkan. Hal ini tentu saja dapat membantu Anda untuk membersihkan arteri untuk membersihkan darah dari racun atau toksin.

  • Kaya vitamin yang baik untuk tubuh

Manfaat Lada hitam juga mengandung Vitamin C, Vitamin A, flavonoid, karoten dan anti oksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit. Studi – studi lain juga menyarankan khasiat lada ini dalam mengulur perkembangan kanker kulit, kanker usus dan kanker usus besar. Cara mengkonsumsinya adalah dengan menambahkan satu sendok teh bubuk merica kedalam makanan sehari sekali. Lebih baik apabila untuk dalam mengkonsumsi lada adalah lada yang baru digiling.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *