Manfaat jintan untuk payudara dan kesehatan

Rate this post

Manfaat Jintan terbagi menjadi dua yaitu jintan putih dan jintan hitam. Jintan putih merupakan salah satu jenis rempah yang dimiliki oleh negara kita, Indonesia. Manfaat jintan putih sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengetahui sedikit dari sekian banyak manfaat yang bisa didapatkan dari jintan putih ini.

Manfaat jintan putih untuk payudara dan kesehatan

Pada waktu dahulu jintan putih hanya dapat dutemukan di wilayah Asia Tenggara. Bahkan jintan putih mendjadi rempah wajib untuk bumbu khas makanan dari Meksiko, Afrika, Timur Tengah hingga Kuba. Saat ini jintan putih sudah menyebar ke seluruh dunia dan sudah bisa ditemui di berbagai belahan dunia manapun. Jintan putih merupakan sejenis tumbuhan yang berbunga dan pertumbuhan tanaman ini tidak terlalu tinggi. Jintan merupakan yang termasuk ke dalam keluarga apiaciae dan genus cuminum. Jintan memiliki nama ilmiah cuminum cyminum. Jintan juga mengandung berbagai minyak esensial dan memiliki bau harum yang sangat khas.

Biji Jintan hitam merupakan salah satu rempah yang mempunyai sifat penyembuhan alami yang sangat kuat. Seperti namanya, jinten berwarna hitam dan berbentuk tipis mirip bulan sabit. Jintan hitam yang pada umumnya dapat digunakan untuk sebagai bumbu untuk juga berbagai jenis masakan yang ada di berbagai belahan dunia. Jinten hitam mempunyai rasa yang sedikit pahit, cocok juga untuk menggantikan lada.

Manfaat jintan hitam untuk payudara dan kesehatan

Jintan hitam sangat luar biasa meskipun berbentuk kecil, karena jintan banyak mengandung senyawa kimia ( seperti vitamin, protein, asam lemak, karbohidrat, mineral, dll ). Agama Islam sudah meyakini bahwa jinten hitam mempunyai bahan yang dapat untuk menyembuhkan semua jenis penyakit dan kecuali kematian. Jinten disebut sebagai biji hitam kuratif, yang telah banyak digunakan untuk pengobatan sejak pada zaman kuno.

Selain biasa dijadikan sebagai bumbu pada masakan. Jintan ternyata juga sejak dulu digunakan sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Dan salah satu khasiat penting dari jintan adalah juga dapat digunakan sebagai obat untuk membesarkan ukuran payudara wanita.

Baca Juga :

Manfaat jintan putih :
  • Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Untuk itu sangat penting bagi kita mencegah penyakit ini sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi jintan putih. Jintan putih dikenal mengandung fito kimia yang dapat membentuk antioksidan. Antioksidan sangat penting untuk dapat melawan radikal bebas yang penyebab penyakit kanker.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Jintah putih juga bisa membantu untuk menyehatkan serta melancarkan peredaran darah. Kandungan mineral seperti zat besi, mangan, tembaga, zinc, potasium dan yang lainnya merupakan unsur – unsur yang sangat dibutuhkan untuk menyehatkan darah dan peredaran darah di dalam tubuh. Mineral tembaga sangat dibutuhkan untuk dalam pembentukan sel – sel darah merah.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Jintan bisa menjadi solusi alternatif yang cukup efektif untuk dapat membantu menurunkan berat badan. Jintan mengandung cukup banyak serat yakni 10,6 gram atau sekitar 26% dari total untuk kebutuhan serat setiap harinya. Kandungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga sistem metabolisme tubuh. Sehingga lemak dan kotoran yang ada di dalam tubuh pun tidak menumpuk dan membuat kita gemuk.

  • Menyembuhkan Jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang sangat mengganggu. Jerawat sangat mengganggu penampilan dan parahnya lagi jerawat dapat menurunkan rasa percaya diri. Selain itu, jerawat bahkan ketika sudah sembuh dapat menimbulkan bintik – bintik hitam yang sangat mengganggu. Jintan putih cukup banyak mengandung minyak esensial yang dapat membantu untuk menyembuhkan jerawat, bisul ataupun gangguan kulit yang lainnya. Selain minyak esensial, jintan putih juga mengandung anti mikroba dan anti fungal yang dapat membantu mengobati sekaligus mencegah infeksi yang disebabkan oleh jamur maupun mikroba.

  • Mencegah Penuaan Dini

Vitamin E di dalam jintan putih dapat berguna untuk berfungsi sebagai anti aging di dalam tubuh sehingga dapat membantu untuk mencegah penuaan dini dan gejalanya. Vitamin e juga berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat mencegah masuknya radikal – radikal bebas dan mencegah masuknya toksin yang dapat menjadi penyebab timbulnya keriput, noda hitam dan kendurnya kulit. Kandungan tersebut yang dikombinasi dengan adanya anti bakteri yang juga terdapat di dalam jintan putih menjadikan manfaat jintan putih sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin memiliki kulit sehat cantik yang bertahan lama.

Manfaat jintan hitam :
  • Meningkatkan jumlah ASI

Manfaat Jintan hitam bisa meningkatkan jumlah susu untuk ibu yang menyusui, karena kombinasi dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya. Jintan hitam juga banyak mengandung arginine, yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Masih belum banyak yang mengetahui tentang keamanan untuk menggunakan biji hitam saat menyusui.

  • Mengobati kanker

Asam lemak yang terkandung di dalam jintan hitam dapat untuk menghambat perkembangan sel kanker. Jintan hitam dapat berkemampuan menstimulasi produktivitas dan juga imunitas sel tulang sumsum, serta produksi interferon, melindungi sel – sel normal, dan dapat untuk melawan sel tumor tanpa merusak sel – sel yang sehat.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jintan hitam dapat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terutama untuk orang yang sedang menderita adanya gangguan imunitas tubuh. Menurut penelitian, 1 gram kapsul jinten hitam yang dikonsumsi dua kali sehari selama empat minggu dapat meningkatkan rasio sel T, antara positif dan negatif hingga 72 %. Meningkatkan kekebalan tubuh sangat penting untuk dapat menyembuhkan seperti pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang terkait dengan imunitas.

  • Gangguan pencernaan

Jintan hitam juga cukup efektif untuk dapat melawan bakteri yang juga dikenal sangat tahan terhadap obat – obatan, seperti bakteri penyebab kolera, E. coli, dan Shigella spp. Jintan hitam juga berfungsi untuk dapat digunakan dalam mengobati gangguan yang ada pada sistem pencernaan yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare, dan juga muntaber.

  • Menyembuhkan asma dan alergi

Histamin merupakan sebuah senyawa yang dapat dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh akibat terjadinya reaksi alergi. Senyawa Crystalline nigellone yang ada terdapat pada dalam jintan hitam sangat  mempunyai banyak protein kinase C, yakni substansi yang dikenal dapat untuk menghambat pada pelepasan histamin. Jintan hitam dapat untuk mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar pasien dengan bronchitis, asma dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping.

Efek Samping Jintan Putih :

Jintan putih dalam makanan untuk takaran yang berlebihan dapat menyebabkan permasalahan pada sistem pencernaan seperti :

  • Gangguan pencernaan
  • Diare
  • Iritasi organ pencernaan
  • Luka pada usus

Walaupun jintan putih ini mengandung banyak manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, akan lebih baik jika mengkonsumsi jintan putih ini dengan takaran yang secukupnya saja  sehingga tidak menimbulkan efek samping – efek samping

Efek Samping Jintan Hitam :

Jintan hitam mungkin aman dikonsumsi dalam batas kewajaran, namun ia memiliki efek samping yang cukup besar jika dikonsumsi dalam dosis obat. Berikut adalah beberapa efek samping jintan hitam yang harus di pertimbangkan.

  • Biji jintan hitam dapat menurunkan kadar gula darah. Sehingga jika ragu dengan kondisi kesehatan Anda, sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter.
  • Wanita hamil harus menghindari mengkonsumsi jintan hitam, baik biji, minyak atau ekstrak. Mengkonsumsi jinten hitam dalam jumlah besar dapat merangsang kontraksi rahim yang dapat menyebabkan keguguran.
  • Jintan hitam bisa memperlambat pembekuan darah dan meningkatkan risiko perdarahan. Secara teori, black seed mungkin membuat gangguan perdarahan parah.
  • Mengkonsumsinya mungkin dapat membuat tekanan darah menjadi terlalu rendah sehingga harus mengatur jika anda mengkonsumsinya.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *