Manfaat jamur lingzhi untuk kesehatan

Rate this post

Jamur Lingzhi merupakan jamur yang dikenal sulit untuk dimasak, memiliki tekstur keras dan rasanya yang pahit. Meskipun sulit dimasak dan berasa pahit, jamur ini memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Jamur ini memiliki dua bagian, bagian pertama yaitu bagian buah yang terletak di atas tanah dan bagian yang kedua adalah bagian miselium. Bagian miselium inilah yang biasanya digunakan untuk obat herbal.

Jamur lingzhi ditemukan oleh seorang ahli petani yang bernama Shen Nong yang berasal dari Cina sekitar 2400 tahun yang lalu. Jamur lingzhi ini merupakan jamur sangat langka yang hanya dikonsumsi oleh para kaisar dan juga para bangsawan Cina serta Jepang. Di negara Jepang jamur Lingzhi ini dikenal dengan nama Reishi Mushroom. Umumnya jamur ini hidup di Amerika Selatan, Cina, Korea dan bagian lain Asia.

Kandungan komponen permanen di dalam jamur Lingzhi ini adalah karbohidrat, lemak, serat, dan protein. Kandungan lain yang merupakan molekul bioaktif dalam jamur yang memiliki nama Latin Ganoderma lucidum ini adalah polisakarida, peptidoglikan, dan triterpenoid.

Manfaat jamur Lingzhi juga bekerja baik melawan virus, hipertensi, mencegah diabetes, melindungi hati, ginjal, dan mencegah bronkitis. Selain itu, Jamur Lingzhi bisa membantu pasian Kardiovaskular dan HIV, serta memiliki khasiat pro-biotik. Selain itu Lingzhi juga dipercaya mampu mencegah Insomnia, sakit tenggorokan, kehilangan nafsu makan, muntah, mual, rambut rontok, dan bahkan dapat menghambat pertumbuhan Sel Kanker.

Manfaat jamur lingzhi :
  • Stamina Tubuh

Karena Lingzhi mengandung Alkaloid ( terdiri dari Nitrogen ) dan Adenosin, yang berarti dapat menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga memungkinkan lebih banyak darah, oksigen dan nutrisi untuk seluruh tubuh. Hal tersebut dapat menghasilkan energi yang lebih besar dan penyembuhan yang lebih cepat dan juga mengurangi tekanan darah.

  • Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Para pakar Jepang telah meneliti manfaat Jamur Lingzhi melalui senyawa aktif yang dikandungnya. Ternyata, Jamur Lingzhi mengandung Germanium Organic. Senyawa ini mampu dapat menyerap oksigen sehingga suplai oksigen di dalam darah meningkat 1,5 kali lipat. Kandungan Oksigen dalam darah inilah yang menyebabkan tubuh terlihat lebih segar, bugar dan awet muda. Manfaat Jamur Lingzhi ini dapat 6 kali melebihi khasiat Ginseng.

Lingzhi juga dapat mengembalikan keseimbangan tubuh karena memiliki efek Menenangkan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kelelahan.

Baca Juga :

  • Fungsi Seksual

Lingzhi dapat membantu menghasilkan sesuatu yang mirip dengan steroid. Ini berarti bahwa Lingzhi dapat membantu untuk memicu keadaan anabolik dimana tubuh membangun kembali dirinya sendiri. Pada saat yang sama dapat membantu untuk menghambat enzim serta akan mengubah Testosterone menjadi Dihydrotestosterone meninggalkan lebih banyak Testosterone dalam tubuh juga membuatnya sangat baik untuk fungsi seksual. Fungsi ini juga telah terlibat dalam pengobatan Prostat Hiperplasia Jinak atau BPH yang menyebabkan pembesaran Testis.

  • Antikanker

Sebuah penelitian baru – baru ini menyatakan bahwa meski tidak dapat menyusutkan kanker paru yang diderita, jamur lingzhi mampu memperbaiki kualitas hidup penderitanya dengan meningkatkan fungsi imunitas tubuhnya. Beberapa studi klinis telah dilakukan untuk membuktikan manfaat kesehatan dari jamur ini. Manfaat lain yang mungkin dapat digunakan dari jamur lingzhi ini sebagai obat penyakit yang menyerang organ hati, ginjal, sistem kardiovaskular, obat antivirus, sindrom kelelahan kronis, dan diabetes. Walau demikian, masih perlu penelitian dan studi klinis lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

  • Mengatasi Tekanan darah tinggi

Secara tradisional, jamur Lingzhi dapat diresepkan sebagai suplemen untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Untuk potensi ini, hingga saat ini belum ada penelitian klinis untuk membuktikannya.

Kemampuan jamur ini dapat menurunkan tekanan darah, ada hal juga harus Anda waspadai bagi siapa saja yang berniat mengonsumsinya. Mereka yang sedang mengonsumsi obat – obatan penstabil tekanan darah, antikoagulan, atau antiplatelets disarankan menghindari konsumsi jamur Lingzhi. Hal ini perlu dilakukan karena jamur lingzhi dapat menyebabkan pengenceran darah.

  • Menjaga kesehatan usus dan pelindung saraf

Sebuah penelitian yang dilakukan pada mencit ( tikus kecil ) menunjukkan bahwa dengan jamur ini mungkin berdampak positif bagi mikoflora yang ada di usus sehingga bisa mengurangi resiko metabolik.

Dengan dapat menurunkan resiko metabolik, berarti juga bisa mengurangi resiko terkena obesitas. Selain itu dalam penelitian tersebut juga dikatakan, jamur lingzhi dapat membantu melindungi sel – sel saraf yang menghasilkan dopamin. Jika sel – sel saraf penghasil dopamin ini rusak akan mengakibatkan penyakit parkinson.

  • Liver

Lingzhi memiliki kemampuan untuk detoksifikasi tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh.
Lingzhi juga memiliki sifat Antibakteri dan Antivirus spesifik yang dapat memperkuat fungsi kekebalan tubuh dan dapat membantu untuk memerangi HSV-1, HSV-2, Influenza ( flu ), Stomatitis dan masih banyak lagi.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *