Manfaat gadung cina bagi kesehatan

Rate this post

Manfaat gadung cina – Tanaman herbal yang di kenal dengan nama Indonesia Gadung Cina atau dengan bahasa lain Smilax china biasa tumbuh liar, kadang juga sengaja ditanam untuk tumbuhan obat, merupakan jenis tanaman semak menahun, selalu berwarna hijau, dan tumbuh dengan cara merambat.

Semak menahun, selalu berwarna hijau, tumbuh merambat, batang berduri tajam, dengan rimpang yang menjalar, tebal dan keras, berlekuk tidak teratur, dan berakar serabut. Daun letak berseling, bentuk bulat telur sampai bulat memanjang, panjang 5 – 12 cm, lebar 2,5 – 5 cm, ujung runcing, tepi rata, tulang daun melengkung, dengan 2 sulur pada dasar tangkainya.

Bunga berkumpul dalam payung majemuk, kecil – kecil berwarna hijau – kuning, dan keluar dari ketiak daun. Buah berbentuk buni, bulat, berwarna merah jika masak. Gadung cina mempunyai rimpang yang menjalar, tebal dan keras, dengan lekukan tidak teratur dan akar serabut.

Manfaat Gadung cina mempunyai rasa manis, tawar, dan sejuk yang berfungsi menghilangkan lembab, sebagai peluruh kencing ( diuretik ), peluruh kentut, anti toksik, anti radang, anti biotik, anti rematik, dan anti kanker. Herba ini masuk meridian hati ( lever ) dan ginjal.

Kandungan kimia pada gadung cina :

  1. Rimpang : Steroid saponin, smilax saponin A, B, C, Diosgenin, alkaloid phenol, asam amino, organacid, zat gula.
  2. Biji : Asam oleat, asam linolet.
  3. Daun : Rutin.

Gadung cina dapat digunakan sebagai tanaman obat terutama bagian rimpangnya ( akar tinggal ).

Manfaat Gadung cina dapat mengatasi penyakit :

  1. Rimpang : Sakit persendian ( reumatik arthralgia ), luka memar, Infeksi saluran kecing, sukar kencing ( stranguria ). Radang usus ( enteritis ), diare, disentri. Syphilis ( penyakit kelamin, frambusia ).
    Keputihan ( leucorrhea ), TBC kelenjar ( scofula ). Kencing manis ( DM ), neurodermatitis, psoriasis, bisul, abses, wasir. Tumor pada saluran cerna seperti esophagus, lambung, cardia, usus, hati, kandung empedu dan pankreas. Kanker nasopharynx, kanker mulut rahim ( Ca.cervix uteri ), Kanker payudara, leukimia.
  2. Daun : Bisul, bengkak, koreng, luka bakar.

Cara mengobati :

  • Mengobati Kanker

Rebus 250 – 500 gr rimpang daun gadung cina dengan 3000 cc air bersih selama 1 jam kemudian api dikecilkan dan merebusnya sampai 3 jam. Setelah itu, menambahkan sisa air rebusan dengan  30 – 60 gr lemak sapi dan dibiarkan selam 1 jam. Ramuan ini baik untuk dapat mengobati kanker seperti kanker esophagus, lambung, rectum, payudara, cervix uteri, dan kanker nasopharynx. Sangat efektif untuk kanker esophagus dan lambung.

  • Kusta

Cuci bersih 15 gr umbi gadung, 5 gr buah cabe jawa, 5 gr biji lada, kelapa parut, dan gula merah secukupnya. Rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih, dinginkan, lalu saring. Minum air rebusannya sekaligus saat hangat 1 gelas sehari dan balurkan ampasnya ke bagian kusta.

  • Keputihan

300 gr rimpang gadung cina ditumbuk dan digodok dengan air, lalu ditambah gula 60 gr. Tiap hari diminum.

Baca juga :

  • Bisul, bengkak, gudik, borok

Sehelai daun gadung cina setelah dicuci bersih ditempelkan pada tempat yang sakit, sampai keluar airnya. Bila belum keluar air, daunnya diganti.

  • Syphilis

Bahan yang diperlukan : ½ jaro gadung cina, ¾ jari batang brotowali, ¾ jati kayu sitok, 1 jari kulit mesoyi, ¼ genggam daun patikan kebo, ¼ gengam daun paria hutan, 20 butir kemukus, 3 jari gula enau, di cuci dan dipotong – potong seperlunya, direbus dengan 4 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Setelah dingin disaring lalu minum. Sehari 3x 1 gelas.

  • Frambusia

½ jari rimpang gadung cina, ½ jari umbi bidara upas, ¾ jari batang brotowali, 1/3 genggam daun sena, 3 jari gula enau, dicuci dan dipotong – potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum, sehari 3 x ¾ gelas.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *