Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Rate this post

Manfaat daun kemangi – Kemangi adalah salah satu dari tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kemangi awalnya berasal dari Iran, India dan daerah tropis lainnya di Asia. Mungkin sebagian besar dari kita dapat mengetahui bahwa daun kemangi biasanya sering juga digunakan untuk lalapan saat makan.

Mempunyai aroma yang mirip dengan  limau, aromanya begitu khas. Kemangi cukup familiar di Indonesia. Karena daun kemangi biasanya selalu ada pada ayam goreng, ikan dan sayur – sayuran lainnya. Tak lengkap rasanya bila makan lalapan tanpa adanya kehadiran kemangi.

Aromanya begitu memanjakan hidung dan tidak membosankan. Biasanya bagi yang baru pertama kali untuk mencoba kemangi akan merasa pahit di lidah saat mengunyahnya. Tetapi jika sudah terbiasa, akan merasa jika kemangi mempunyai keunikan tersendiri di lidah bagi penikmatnya.

Anggota dari keluarga daun mint ini telah banyak digunakan sebagai tanaman obat herbal. Ekstrak minyak daun kemangi dapat dikatakan mempunyai sifat antioksidan dan antibakteri. Vitamin K – Harum kemangi yang segar, dapat menawarkan dosis yang sehat dari adanya pembekuan darah dengan adanya vitamin K.

Mungkin sebagian orang belum mengetahui secara detail apa saja manfaat daun kemangi tersebut. Bahkan saat ini banyak masyarakat yang selalu menggunakan kemangi sebagai salah satu untuk pengobatan tradisional.

Kemangi, selasih atau basil ( Ocimum basilicum ) mempunyai sejarah yang menarik, tanaman jenis ini pernah menjadi bukti tanaman kerajaan di Prancis dan Italia. Di India tanaman ini adalah salah satu tanaman disucikan yang digunakan untuk upacara – upacara keagamaan.

Di negara Cina, tanaman ini digunakan sebagi obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat deman dan sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan tanaman in sebagi obat tradisioal, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.

Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, juga mineral penting yang dapat berfungsi menjaga serta memelihara kesehatan jantung lebih baik. Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika orangpun mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau terancam. Selain melezatkan hidangan, daun kemangi juga mengandung senyawa arginine yang sudah terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan juga dapat menurunkan gula darah. Kemangi juga dapat mengandung zat yang mampu untuk merangsang terbentuknya hormon androgen dan juga estrogen.

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan :

  • Mengatasi kanker

Manfaat daun Kemangi mengandung antioksidan yang efektif untuk mengatasi kanker. Antioksidan ini juga berperan penting terhadap kerusakan dari radikal bebas sehingga mampu untuk mencegah sebagian besar penyakit kanker. Menurut penelitian, bahwa orang yang suka secara teratur mengkonsumsi kemangi akan lebih kuat dan juga bisa mengendalikan sel kanker serta sel kanker sulit untuk dikembangkan lagi didalam tubuh.

  • Menghilangkan dan mengatasi jerawat

Kemangi membunuh bakteri dan infeksi, oleh karena itu kemangi sering kali dijadikan sebagai bahan alami yang bagus untuk mengobati jerawat dan iritasi kulit lainnya. Kandungan utama minyak kemangi suci merupakan eugenol, bahan aktif yang ada di dalam antimikroba yang lebih kuat dari minyak cengkeh, serta secara luas diyakini untuk mengobati berbagai gangguan kulit. Penelitian menunjukan bahwa kemangi merupakan solusi pengobatan jerawat alami.

  • Mengobati batuk dan pilek

Daun kemangi sangat bermanfaat untuk dapat menyembuhkan batuk dan juga pilek dengan cara menjadikannya sebagai lalapan hidangan atau membuatnya sebagai teh. Daun kemangi ini juga dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan obat batuk dan ekspektoran serta membantu untuk memobilisasi lendir di bronkitis juga asma.

  • Membantu mengatasi stres

Menggunakan 12 daun kemangi sebagai lalapan dipercaya mampu dapat membantu Anda mencegah stres sekaligus mempertajam pikiran anda, hal tersebut dikarenakan Daun kemangi dapat dianggap sebagai adaptoge atau agen anti–stres .

  • Mencegah penuaan dini

Ramuan dari daun kemangi ini cukup ampuh untuk dapat mencegah radikal bebas karena kandungan yang tinggi beta-karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan juga zea-xanthin . Senyawa tersbut memiliki manfaat untuk melindungi tubuh kita terhadap radikal bebas dari oksigen yang berperan mempercepat  proses penuaan dan berbagai penyakit.

  • Menjaga kesehatan organ jantung

Daun kemangi mengandung magnesium dan beta karoten yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Magnesium adalah mineral yang juga sangat dibutuhkan oleh organ jantung. Kemangi juga kaya akan antioksidan yang sangat berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung. Menurut beberapa penelitian, daun kemangi juga dapat melindungi tubuh dari aksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi organ – organ tubuh.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *