Manfaat daun ceremai untuk kesehatan

Rate this post

 

Manfaat daun ceremai – Daun ceremai atau lebih dikenal dengan sebutan nama latin phyllanthus acidus ini juga lebih sering dimanfaatkan sebagai campuran makanan atau sebagai sayuran untuk dapat menambahkan rasa asam pada sebuah makanan. Tidak jauh beda dengan buahnya, manfaat daun ceremai juga sudah pasti memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang bisa kamu manfaatnya sebagai obat herbal.

Orang mengenal Ceremai sebagai buah untuk asinan dari pada buah yang biasa dimakan. Buah Ceremai biasa dikeringkan dan dibuat menjadi asinan atau minuman penyegar. Manfaat daun ceremai, buah, akar, dan sampai batangnya ternyata cukup banyak loh untuk kesehatan dan kebutuhan sehari hari.

Daun, kayu, dan kulit batang ceremai mengandung saponin, tanin, flavonoida, dan polifenol. Akarnya mengandung asam halus, saponin, zat samak, dan zat beracun ( toksik ). Sementara buahnya mengandung vitamin C.

Rebusan akar ceremai digunakan untuk meringankan asma dan mengobati penyakit kulit. Kulit akarnya bisa juga sebagai bahan penyamak. Daunnya digunakan untuk mengobati batuk berdahak, mual, kanker, sariawan dan menguruskan badan. Daun Ceremai sendiri mengandung air, karbohidrat, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, protein, lemak, dan serat. Zat – zat inilah yang mendukung kemanfaatan daun Ceremai untuk kesehatan.

Karena banyaknya kandungan yang ada di dalam daunnya dan salah satunya kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Maka banyak para ahli herbal membuatnya sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Manfaat daun ceremai :

  • Mengobatasi masalah pencernaan

Cukup banyak masalah penyakit pada bagian pencernaan yang bisa Anda sembuhkan hanya dengan mengkonsumsi daun ceremai. Misalnya penyakit seperti diare, sembelit, hingga mual – mual bisa Anda sembuhkan hanya meminum air rebusan daun ceremai. Setidaknya 1 kali dalam sehari atau 1 gelas dalam sehari sudah sudah menghentikan masalah pencernaan kamu.

  • Mengobati penyakit kanker

Memang banyak yang meyakini bahwa kanker itu sangat sulit untuk disembuhkan dan bahkan harus menempuh cara seperti kemoterapi dan lain – lain. Tapi tetap tidak akan ada salahnya jika seseorang memanfaatkan daun ceremai sebagai obat herbal untuk mencegah serta meyebuhkan penyakit ganas seperti kanker. Caranya :

  1. Daun Ceremai dipotong seperlunya.
  2. Kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 1 bagian.
  3. Setelah airnya dingin kemudian disaring dan siap untuk diminum.
  4. Minum air ini 3 kali sehari.
  5. Resep lain bisa ditambahkan dengan daun belimbing, daun bidara upas, dan daun gadung cina serta gula aren.
  6. Rebus dan Air kemudian didinginkan dan disaring sebelum diminumkan.
  • Perawatan kulit wajah

Salah satu yang paling menggangu adalah masalah jerawat yang ada di wajah, Anda bisa memanfaatkan daun ceremai untuk masker wajah agar jerawat kamu hilang. Caranya :

  1. Cukup menumbuk daun ceremai hingga halus dan mencampurnya dengan madu.
  2. Atau Anda juga bisa menggunakan bahan alami cair lainnya lalu menggunakannya sebagai masker wajah.
  • Menurunkan berat badan

Banyak orang yang menghabiskan uang hanya untuk membeli produk diet yang tentunya tidak murah harganya. Padahal sudah terdapat solusi yang paling sederhana dan cukup murah, adalah dengan cara meminum air rebusan daun ceremai minimal 2 kali dalam sehari serta juga menjaga pola makan, maka dalam beberapa bulan saja akan mengalami perbedaan berat badan akan turun dengan drastis.

  • Mengobati diabetes

Kadar gulu tubuh yang terlalu tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan Anda, apalagi jika pola makan tidak Anda jaga dengan baik. Sebagai solusinya mengkonsumsi daun ceremai akan menstabilkan gula darah Anda yang terlalu tinggi. Akan tetapi jika sudah mulai stabil sebaiknya harus Anda hentikan untuk mengkonsumsinya karena jika tidak justru akan membuat tubuh Anda lemas karena kekurangan asupan gula di dalam tubuh.

  • Mengobati asma

Salah satu penyakit yang benar – benar akan menganggu aktifitas Anda adalah penyakit asma, akan terasa sangat menyakit ketika pernafasan sangat mengganggu, dan lebih parahnya lagi akan membuat badan Anda cepat kurus. Gunakanlah daun ceremai sebagai terapi untuk menyembuhkan penyakit asma, setidaknya mengkonsumsinya setiap hari sebagai minuman wajib yang harus diminum. Caranya :

  1. Siapkan 3 genggam pucuk daun Ceremai dan direbus dalam air sebanyak 3 bagian air.
  2. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal 1 bagian.
  3. Kemudian air didinginkan dan siap diminum ke penderita asma.
  4. Bisa ditambahkan madu atau sedikit gula aren.
  5. Minumkan dalam kondisi air hangat – hangat kuku.
  • Mengobati sariawan

Sudah pasti daun ceremai sangat ampuh untuk mengobati satu penyakit ini, dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Caranya :

  1. Siapkan 3 genggam pucuk daun Ceremai dan rebus dalam air sebanyak 3 bagian air.
  2. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal 1 bagian.
  3. Air didinginkan kemudian siap untuk digunakan berkumur atau diminum untuk mengobati sariawan.
  • Mengobati batuk berdahak

Memang sudah dari dulu kalau daun ceremai memang bisa mengatasi berbagai jenis penyakit batuk. Mulai dari batuk kering, berdahak, dan batuk yang dapat disebabkan karena pengaruh dari paru – paru. Caranya :

  1. Siapkan 3 genggam pucuk daun Ceremai dan direbus dalam air sebanyak 3 bagian air.
  2. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal 1 bagian.
  3. Kemudian air didinginkan dan siap diminum untuk penderita batuk berdahak.
  4. Minumkan dalam kondisi air hangat – hangat kuku.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *