Manfaat biji rami untuk payudara dan kesehatan

Rate this post

Biji rami atau flaxseed adalah tanaman yang tumbuh di daerah padang rumput dan banyak dijumpai di Kanada Barat. Biji rami merupakan salah satu jenis makanan sehat yang berupa biji – bijian. Biji ini sekilas mirip dengan biji bunga matahari hanya saja berbeda pada ukurannya.

Biji rami tubuh dengan subur di Kanada mungkin karena iklim disana sangat sesuai dengan pertumbuhannya. Biji rami atau flaxseed ini sudah tersedia di banyak swalayan dengan harga relatif mahal. Biji ini mempunyai aroma dan rasa pedas yang disukai oleh banyak orang.

Manfaat biji rami atau flaxseed ketiga unsur gizi yang paling penting yaitu, lignan, serat dan asam lemak omega 3, juga mengandung serat larut dan tidak larut bersama dengan vitamin B1, tembaga, selenium, seng, protein, mangan, fosfor dan magnesium juga bebas gluten.

Manfaat biji rami :

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat yang hadir dalam biji rami dapat meningkatkan pergerakan makanan melalui usus, serat pada biji rami ini juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi.

  • Membantu mengatasi peradangan

Peradangan disebabkan oleh kekurangan asam lemak omega-3, asam lemak omega-3 merupakan nutrisi untuk memerangi peradangan dalam tubuh. Lignan dan ALA yang terdapat pada biji rami dapat mengurangi peradangan tersebut dengan menghalangi pelepasan agen pro-inflamasi tertentu.

  • Menurunkan kolesterol jahat

Asupan rutin dari biji rami dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dengan mengkonsumsi 100 mg biji rami setiap hari akan efektif mengurangi kadar kolesterol darah juga dapat menurunkan resiko penyakit hati pada pria berkolesterol tinggi.

  • Mencegah resiko kanker

Biji rami mengandung antioksidan yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker, secara signifikan dapat menurunkan resiko berkembangnya sel kanker usus besar, prostat dan payudara. Alpha-linolenic acid ( ALA ), yaitu asam lemak omega-3 dalam biji rami dapat menghambat timbul dan pertumbuhan tumor serta penyebaran kanker.

  • Meringankan gejala menopause

Biji rami sangat efektif bagi wanita untuk melawan gejala menopause, karena lignan dalam biji rami memiliki sifat estrogenik yang dapat membantu mengurangi hot flashes, kekeringan vagina dan gangguan suasana hati serta bisa meningkatkan kesuburan dan membantu siklus menstruasi agar teratur. Dengan mengkonsumsi 1, 2 atau 3 sendok makan biji rami kali per hari dapat mengobati gejala menopause.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan ALA dan lignan dalam biji rami dapat meningkatkan respon imun dalam tubuh dan dapat mencegah penyakit inflamasi seperti lupus, radang sendi dan psoriasis.

  • Menurunkan berat badan

Tiga komponen utama dalam biji rami dapat membantu menurunkan berat badan, serat dan lemak sehat membantu menekan nafsu makan Anda dan membantu Anda tetap kenyang dalam waktu yang lama. Konsumsi bubuk biji rami dari pada biji yang utuh, taburkan pada sup, salad, jus sayur, yoghurt, atau campuran.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Biji rami dapat mempercepat penyembuhan luka karena mengandung asam lemak omega-3 juga dikenal tingkat anti inflamasi yang tinggi. Dengan mengkonsumsi biji rami secara teratur dapat meminimalkan terjadi iritasi kulit, inflamasi atau peradangan dan ruam.

  • Menyehatkan jantung

Biji rami kaya lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal, termasuk asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan jantung yang optimal. Biji rami juga membantu mengurangi penyakit stroke dan jantung dengan mengurangi penumpukan plak di arteri, dan peradangan yang dikenal dapat meningkatkan pengerasan pembuluh darah serta Anda dapat menyertakan bubuk biji rami dalam diet Anda untuk jantung sehat.

Peringatan !!
  • Wanita hamil dan ibu menyusui mungkin sebaiknya harus menghindari flaxseed atau suplemen biji rami.
  • Ketika mengambil biji rami untuk tujuan kesehatan, pastikan untuk minum banyak air juga.
  • Dilarang mengambil sejumlah besar biji rami karena akan dapat menyebabkan obstruksi usus.
  • Mereka yang menderita kanker prostat, trigliserida tinggi, hipotiroidisme, dan kondisi hormon-sensitif juga harus mengkonsumsi biji rami dengan hati-hati.
  • Ketika menggunakan biji rami bersama dengan obat diabetes untuk menstabilkan kadar gula darah Anda, pastikan untuk selalu memantau kadar gula darah Anda.
  • Orang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil biji rami untuk tujuan kesehatan karena dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Itulah beberapa manfaat biji rami dan khasiat yang ada dalam kandungan biji rami. Semoga bermanfaat..

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *