Manfaat bidara laut untuk kesehatan

Rate this post

Manfaat Bidara laut merupakan tanaman perdu yang memiliki sederet manfaat kesehatan dan kecantikan kulit. Dalam pengobatan tradisional, daun bidara laut sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti malaria, diabetes, kencing berdarah, dan banyak lagi. Salah satu manfaat bidara laut untuk kecantikan merupakan dapat mencegah keriput dan penuaan dini lainnya.

Bidara laut ( Strychnos Ligustrina ) adalah salah satu anggota dari family Loganiaceae, ia dikenal memiliki beberapa nama yang berbeda – beda diberbagai daerah, misalnya: Bidara gunung, buin, dan songga ( Madura ), bidara laut, bidara putih, bidara pahit, dan kayu ular ( Sumatra ), bidara laut, bidara gunung, dan dara putih ( Jawa ).

Bidara laut berada di hutan yang berada di dekat pantai, dengan batang pohon yang kecil dan struktur kayunya keras. Pohon bidara laut pada umumnya bengkok, dengan cabang yang menyebar dan rantingnya mempunyai rambut pendek. Bentuk daun bidara laut adalah cenderung oval, tidak bergerigi di pinggirnya. Panjang daun dapat mencapai 29 cm dan lebarnya sekitar 2 cm. Permukaan daun bagian atas mengkilap.

Bidara laut memiliki sifat khas yang pahit, mendinginkan, juga dapat melancarkan peredaran darah, membersihkan darah, dan beracun. Mempunyai khasiat anti inflamasi, analgesik, dan diaforetik.

  1. Biji dan kayu bidara laut mengandung alkaloid, tanin, galat, steroid ( triterpoid ), alkaloid yang dikandungnya adalah striknina dan brusina yang termasuk kedalam golongan obat keras.
  2. Selain itu, pada bidara laut terdapat juga kandungan kimia seperti trychnine, brucine, tetrahydostrychinine, brucidine, tetrahydrobrucidine, pseudostrychinine, a-B-culubrine, vomicine, strychinichine, loganin, chlorogenic acid, mannosan, galactan, dan copper.
  3. Tanaman bidara laut dikenal juga dengan banyak manfaat khasiat dan kandungan sebagai obat imflamasi, diaforentik, dan sebagai obat anti inflamasi.

Manfaat bidara laut yang lainnya :

  • Menambah nafsu makan

Aroma daun bidara laut yang segar dan memiliki senyawa penting yang ada di dalamnya, ternyata mampu meningkatkan nafsu makan terutama pada anak – anak.

  • Mengobati rematik

Nyeri karena radang sendi atau rematik tentu sangat menyiksa. Anda Tidak usah repot lagi untuk mencari obatnya, gunakan saja bidara laut. Caranya :

Sediakan 2 gram biji seledri, 8 gram pucuk daun jambu mede, dan 100 gram kayu bidara laut. Untuk mengolahnya rebus ketiga bahan ini bersama 100 ml air hingga mendidih selama beberapa saat. Setelah airnya dingin, minum setiap pagi atau malam hari selama 2 minggu.

  • Mengontrol kadar gula darah

Kayu bidara laut mempunyai sifat hipoglikemik yang dapat mampu untuk memperbaiki insulin, sehingga kadar gula dalam darah tidak akan melonjak. Menurut sebuah penelitian ilmiah, dengan mengkonsumsi air rebusan kayu bidara laut dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 40 persen.

  • Menyegarkan Kulit Wajah

Siapkan sekitar 100 mm kayu bidara laut lalu rebus dengan air sebanyak 100 ml hingga mendidih. Setelah dingin saring dan minum air rebusan tersebut setengah gelas setiap harinya.

  • Memulihkan kondisi tubuh setelah sakit

Cukup dengan menyeduh bubuk bidara laut bersama secangkir air panas, dapat mempercepat proses pemulihan bagi seseorang yang sembuh dari sakit.

  • Mengobati bisul, kurap, dan radang kulit bernanah

Bidara laut memiliki sifat anti-radang yang berguna untuk mengatasi bisul dan radang kulit lainnya. Caranya :

Ambil 4 gram kunyit, 3 gram daun ketepeng, dan 500 gram kayu bidara laut. Rebus semua bahan dengan 110 ml air bersih sampai mendidih selama beberapa menit. Tunggu beberapa saat, lalu balurkan ramuan ini pada area kulit yang terdapat bengkak atau bermasalah. Ulangi cara ini setiap 3 jam.

  • Meringankan Luka Bakar

Siapkan beberapa lembar daun bidara segar yang masih hijau, kemudian cuci bersih dan tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar.

  • Masalah Kecantikan dan Merawat Kulit Kering

Anda untuk merawat kecantikan kulit wajah dengan daun bidara dapat dilakukan untuk masker wajah, caranya :

Hancurkan daun bidara menjadi bubuk, kemudian campur dengan air secukupnya dan aduk hingga menjadi masker, pakai masker secara merata ke bagian wajah, biarkan beberapa saat hingga kering, bilas wajah dengan air hangat setelah semua lapisan masker kering. Untuk mendapatkan hasil maksimal maka bisa memakainya secara teratur selama dua kali dalam seminggu.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun bidara laut yang bisa digunakan sebagai obat luka adalah daun bidara kering yang sudah diolah menjadi bubuk. Campurkan daun bidara dengan sedikit air hingga menjadi pasta setelah itu oleskan pada bagian yang terluka.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *