Manfaat belimbing untuk kesehatan

Rate this post

Manfaat Belimbing atau dalam bahasa latin bernama Averhoa Carambola merupakan buah yang sedikit sekali peminatnya atau jarang peminat dibanding buah lainnya. Sebenarnya rasa dari buah belimbing ini manis dan mengandung serat yang tinggi, buah ini juga paling mudah ditemukan sebagai buah campuran dalam pembuatan rujak.

Belimbing adalah buah yang dapat berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Buahnya berwarna kekuningan bila sudah matang, dengan bentuk buah yang banyak  digemari orang. Buah belimbing rasanya sangat menyegarkan, sehingga sering diolah menjadi berbagai macam resep masakan. Selain dari pada rasanya yang menggoyang lidah, buah belimbing juga sangat baik bagi kesehatan dan juga memberikan manfaat bagi kecantikan.

Kandungan buah belimbing yang terbesar merupakan vitamin C, kandungan vitamin tersebut hampir sama dengan kandungan pada vitamin C buah jeruk. Kandungan manfaat belimbing hampir – hampir mirip dengan manfaat buah jeruk.

Manfaat belimbing memiliki kandungan gizi :
  • Vitamin dan mineral

Dalam buah belimbing terkandung senyawa vitamin C, kandungan vitamin tersebut mampu memberikan 40 persen kebutuhan vitamin C setiap harinya. Selain itu kandungan vitamin A juga mampu memberikan kebutuhan 15 persen setiap harinya. Untuk mineralnya, belimbing memiliki kandungan mineral cukup lengkap, mulai dari zat besi sampai dengan kalsium.

  • Kalori

Dalam satu porsi buah belimbing mampu menyediakan kalori sekitar 2 persen untuk kebutuhan kalori sekitar 2.000 per harinya. Dengan kata lain sekitar 30 kalori untuk setiap 1 buah pada belimbing.

  • Protein dan lemak

Bisa dikatakan kandungan lemak dan protein dalam belimbing besarnya sama. Protein dalam belimbing sekitar 1 gram dan juga terdapat lemak 1 gram. Kedua senyawa ini mampu memberikan asupan protein dan lemak sebesar 2 persen untuk setiap harinya. Kandungan lemak pada belimbing juga tergolong lemak tak jenuh sehingga dapat sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  • Karbohidrat

Buah belimbing mengandung sekitar 9,5 gram senyawa karbohidrat per porsi, dan seratnya sekitar 2,5 gram. Satu buah belimbing akan dapat memberikan 3 persen dari nilai harian karbohidrat serta 10 persen dari nilai harian serat yang kita butuhkan.

Manfaat belimbing bagi kesehatan :

  • Pencegahan Kanker

Manfaat belimbing memberikan vitamin C yang merupakan  pencegahan terhadap serangan gejala kanker. Belimbing mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar. Vitamin C adalah antioksidan alami yang kuat. Sekitar 100 gram buah belimbing yang akan memberikan 34,7 mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang dibutuhkan setiap hari. Secara umum, manfaat buah – buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.

  • Menjaga sistem pencernaan

Sistem pencernaan tubuh akan terjaga dengan baik apabila kita mendapatkan asupan serat yang cukup. Dalam kontek ini buah belimbing mengandung serat yang tinggi, Anda bisa mendapatkan asupan serat yang lebih baik ketika mengonsumsinya. Kandungan serat tersebut tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan saja, tetapi kandungan serat tersebut juga mampu mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan. Adapun gangguan sistem pencernaan yang bisa diobati dengan belimbing antara lain seperti diare, sembelit, disentri, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin sistem pencernaannya sehat dan lancar, konsumsilah buah belimbing secara rutin dan teratur.

  • Kaya Antioksidan

Belimbing kaya akan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Beberapa jenis flavonoid yang sangat penting ini termasuk quercetin, epicatechin, serta asam galat. Total polifenol dalam buah ini mencapai 43 mg / 100 g. Senyawa ini dapat membantu melindungi tubuh dari efek kerusakan akibat radikal bebas.

  • Mengurangi Kadar kolesterol jahat

Pada belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan dapat mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.

  • Mengatasi tekanan darah tinggi ( hipertensi )

Hipertensi dapat muncul disebabkan karena adanya kandungan sodium terlalu tinggi di dalam tubuh, akibatnya asupan kalium yang bermanfaat untuk sistem peredaran darah menjadi menurun. Anda bisa mengkonsumsi buah belimbing. Sebab buah satu ini mengandung senyawa mineral kalium yang cukup tinggi. Selain berkhasiat untuk mengatasi hipertensi, kandungan mineral seperti zat besi dan magnesium pada belimbing dapat dipercaya juga untuk cukup efektif dalam mengurangi resiko tubuh kita terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

  • Meningkatkan Kerja Enzim

Selain itu, belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, dan piridoksin ( vitamin B6 ). Secara bersama – sama, vitamin ini membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme serta dapat mendukung berbagai fungsi sintetis enzim di dalam tubuh.

  • Baik untuk kesehatan mata

Buah belimbing mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sama seperti wortel, kandungan vitamin A buah belimbing ini sangat berkhasiat untuk dapat menjaga kesehatan mata dan juga mencegah degenerasi makula. Bahkan beberapa ahli juga mengungkapkan, dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin, maka penglihatan kita akan jauh lebih tajam dari pada seseorang yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

  • Meningkatkan vitalitas

Ini dia manfaat buah belimbing yang selalu dinanti – nanti oleh setiap pasangan suami istri. Yup, dengan kandungan berbagai nutrisi penting, buah belimbing mampu meningkatkan vitalitas seseorang. Khasiat belimbing satu ini juga dapat berlaku baik untuk wanita ataupun pria dewasa. Tidak hanya berkhasiat meningkatkan vitalitas saja, tetapi kandungan nutrisi mineral alami seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan lainnya dipercaya juga bermanfaat untuk merawat organ reproduksi manusia.

  • Mengurangi minyak

Minyak berlebih di area wajah dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan, mulai dari munculnya komedo sampai dengan jerawat. Untuk menurunkan kadar minyak tersebut, Anda dapat menggunakan masker belimbing secara rutin. Sifatnya yang asam sangatlah baik untuk dapat mengurangi minyak di wajah. Sehingga selain minyak berkurang, wajah Anda nantinya juga akan terbebas dari jerawat dan komedo.

  • Baik untuk melebatkan rambut

Buah belimbing termasuk kedalam jenis buah yang mengandung vitamin B kompleks cukup besar. kandungan vitamin tersebut sangatlah bermanfaat untuk rambut, sebab mampu melebatkan rambut dengan cara menutrisi pada bagian kulit kepala. Untuk mendapatkan khasiat buah belimbing Anda dapat menggunakan buah belimbing sebagai masker rambut setelah mandi selama 30 menit secara rutin setiap harinya.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *