Manfaat bayam untuk kesehatan tubuh dan payudara

Rate this post

Manfaat bayam merupakan sayur yang mengandung zat besi cukup tinggi serta didalam bayam juga terdapat kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bayam terkenal dengan rendah kalorinya dan kekayaannya akan nutrisi diantaranya Vitamin K, vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, vitamin C, vitamin B1, vitamin B3, mangan, folat, magnesium, zat besi, kalsium, potasium, serat, selenium, zat seng, tembaga, protein, kolin, fosfor, lemak omega-3 serta asam pantotenat. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam bayam sudah tidak diragukan lagi, terlebih bayam telah banyak dapat memberikan kontribusi yang sangat besar pada dunia medis mengenai hal pengobatan berbagai penyakit salah satunya adalah kanker.

Penyakit kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit berbahaya dan jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini muncul akibat faktor genetik  juga penyebab kanker payudara ini dapat terjadi karena faktor makanan.

Jika Anda ingin memilih sayuran yang tepat untuk kesehatan dan kebutuhan tubuh, tidak ada salahnya jika Anda memilih sayur bayam. Sayur bayam ini sudah diketahui dapat mencegah terjadinya kanker payudara pada wanita. Karena kandungan antioksidan didalamnya dapat mencegah timbulnya penyakit kanker payudara.

Manfaat bayam bagi kesehatan :

  • Melawan sel kanker

Bayam mengandung flavonoid phytonutrisi yang memiliki sifat anti-kanker serta kandungan tersebut terbukti mampu menurunkan resiko kanker hingga 34% terutama khususnya kanker rahim, kanker perut, kanker kulit, kanker prostat dan kanker payudara.

  • Sumber anti-inflamasi

Bayam memiliki kandungan yang banyak mengandung neoxanthin dan violaxanthin yang dapat berperan penting dalam regulasi peradangan. Bayam mengandung sifat alkalinitas tinggi sehingga dapat membuat sayur ini menjadi salah satu pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti : osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

  • Penglihatan yang lebih baik

Bayam ini merupakan sumber vitamin A tersebut sangat baik dalam menutrisi organ penglihatan mata.

  • Kesehatan jantung

Gaya hidup tidak sehat dapat memicu terkena penyakit jantung dan juga berpotensi besar terserang serangan jantung. Mulailah dengan mengkonsumsi bayam untuk mencegah serangan jantung. Berbagai nutrisi yang terkandung pada bayam dapat membuat jantung untuk lebih terjaga kesehatannya sepanjang waktu.

  • Mencegah diabetes

Manfaat bayam mampu untuk mencegah diabetes. Kandungan magnesium yang ditemukan dalam bayam dapat sangat membantu untuk mencegah komplikasi yang akan terjadi setelah diabetes. Dengan mengkonsumsi secara rutin bayam akan membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi yang terlalu banyak.

  • ¬†Menurunkan tekanan darah tinggi

Bayam kaya akan kandungan rendah sodium dan kalium. Bayam memiliki tingkat mineral yang seimbang sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Folat yang terkadung dalam bayam juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat mempertahankan kelancaran sistema aliran darah.

Manfaat bayam untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi karena kandungan gizinya yang sangat baik. Namun dari segudang manfaat yang terkandung dalam bayam, ada beberapa efek samping yang ditimbulkan dari bayam itu sendiri. Efek samping utama terletak pada racun yang dibawa oleh bayam jika dipanaskan lagi yakni fe2+ dapat menjadi racun jika teroksidasi dengan fe3+.

Oleh karenanya mengkonsumsi bayam cukup satu kali masak tanpa harus dipanaskan lagi. Ketahanan sayur bayam yang sudah dimasak tidak lebih dari 4 jam. Kandungan purin yang ada dalam bayam sangat tinggi dan hal itu akan menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan jika bagi penderita rematik dan asam urat mengkonsumsinya.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *