Manfaat bambu tali untuk kesehatan

Rate this post

Manfaat bambu tali ( Asparagus cochinchinensis ) dapat untuk Mengobati TBC dan KANKER termasuk pada kelas Monocotyle doneae, ordo Graminales, subfamili Dendrocalamae, genus Dendrocalamus, spesies Dendrocalamus asper. Dalam pertumbuhannya, rebung tersebut akan berubah menjadi tanaman bambu lengkap dalam waktu 2 – 4 bulan.

Ketika Anda akan memanfaatkan rebung tersebut sebagai bahan sayuran, ada baiknya untuk melakukan panen rebung sebelum tumbuhan tersebut akan berubah menjadi tanaman bambu dewasa. Karena biasanya rebung yang diambil adalah rebung yang tidak bisa tumbuh dewasa. Masyarakat khususnya di pedesaan sudah paham jenis rebung yang tidak bisa tumbuh dewasa, sehingga harus dipanen ketika muda.

Senyawa utama di dalam rebung mentah adalah air, yaitu sekitar 91%. Rebung mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, serta mineral lain seperti kalsium, fosfor, besi, dan juga kalium. Kandungan kalium yang terdapat pada rebung cukup tinggi. Kadar kalium per 100 gram rebung adalah 533 mg. Makanan yang kaya sarat kalium, yaitu minimal 400 mg, sehingga dapat mengurangi risiko stroke.

Tumbuhan bambu tali memiliki banyak kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain Saponin, aglycone, protosarsapongenin, Asparagine, glukosa, fruktosa, 5-methoxymethylfurfulal, betasitosterol.

Farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain menyebutkan bahwa tanaman obat bambu tali memiliki sifat terasa manis, pahit dan dingin. Masuk pada meridian paru – paru dan ginjal. Menyuburkan Yin, membersihkan paru – paru serta menurunkan panas, merangsang produksi cairan tubuh, antitoksin, antineoplastik dan atipiretik.

Efek farmakologi ini didapatkan dari penggunaan umbi tanaman bambu tali yang sudah dikeringkan. Di dalam Farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman obat bambu tali memiliki sifat terasa manis, pahit dan dingin. masuk pada meridian paru – paru dan ginjal.

Manfaat bambu tali :

  • Daun Bambu

Mengandung sangat banyak zat aktif, yakni flavonoid, polisakarida, klorofil, asam amino, vitamin, mikroelemen, daun bambu tidak memiliki efek samping serta bebas racun.

Kamus Besar Herbal Cina juga menuliskan bahwa Daun Bambu berfungsi Menormalkan Arteri koroner dan berpotensi mencegah terjadinya gangguan jantung. Mengeluarkan panas, ampuh mengembalikan cairan, dan bersifat diuretik (melancarkan air seni) Daun bambu mampu menyembuhkan batuk, haus, dahak, radang tenggorokan, dan menghilangkan rasa panas.

Daun bambu bisa menyegarkan hati, menghangatkan limpa, menghilangkan riak dan dahaga, angin jahat, batuk, sesak, muntah darah, stroke ringan Juga bisa menurunkan oksidasi antioksidan atau radikal bebas, untuk menurunkan lemak darah dan kolesterol, Memperbaiki Fungsi Trombosit.

Cara Membuat ramuan :

  • Cara 1 :

Ambil segenggam Daun Bambu Tali  yang masih muda cuci bersih lalu di rebus dengan air 4 gelas tinggal sisa 2 gelas lalu saring minum 2X sehari

  • Cara 2 :

Ambil segenggam Daun Bambu tali yang masih muda dan 3 lembar daun Tapak Liman cuci bersih lalu di rebus dengan air 4 gelas tinggal sisa 2 gelas lalu saring minum 2X sehari

  • Rebung

Bagian tanaman yang digunakan :  umbi segar atau yang dikeringkan.

Penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan antara lain :

Kanker payudara: Carsinoma, Fibroadenoma, hyperplasia dan Kanker limpa

Cara membuat ramuan :

30 – 40 gram umbi kering Atau Rebung Muda 90 – 110 gram dan Daun Sirsak 9 lembar di rebus dengan air 4 gelas tinggal sisa 2 gelas  diminum 2 kali sehari.

Batuk, Batuk darah, TBC paru, Sakit kerongkongan, Rasa haus, keringat malam, Kencing manis

Cara membuat ramuan :

Siapkan 20 – 30  gram umbi kering  untuk Rebung segar 70 – 90 gram direbus dengan 4  gelas air sampai menjadi 2 gelas. Diminum dalam keadaan hangat – hangat. Bila perlu diminum sehari dua kali sampai sembuh.

Manfaat bambu tali yang lainnya :

  • Mengobati Kencing Manis

Umbi kering bambu tali sebanyak 6-12 gram direbus dengan 1,5 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu diminum saat hangat-hangat. Minum 2 kali sehari sampai sembuh.

  • Mengobati Muntah Darah

Siapkan Umbi kering bambu tali lalu ambil kurang lebih 6-12 gram direbus dengan 1,5 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu diminum saat masih hangat – hangat. Minum 2 kali sehari sampai sembuh.

  • Mengobati Susah Buang Air Besar

Umbi kering bambu tali sebanyak 6-12 gram direbus dengan air 1,5 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu diminum saat hangat-hangat minum 2 kali sehari sampai sembuh.

Cara memperbesar dan mengencangkan payudara secara alami tanpa efek samping

Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *